CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

2.7.09

Jaringan Komputer

PeNGeRTiaN JarKom

Dalam kamus TI, jaringan (network) adalah kumpulan dua atau lebih sistem komputer yang saling terhubung. Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang dihubungkan menggunakan suatu protokol komunikasi sehingga antar satu komputer dengan komputer yang lain dapat berbagi data atau berbagi sumber daya (sharing resources). Dalam wikipedia, jaringan komputer yaitu sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan bersama yakni membagi sumber daya, komunikasi dan akses informasi.

Dari berbagai pengertian jaringan di atas, dapat disimpulkan bahwa jaringan komputer yaitu sekelompok komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dalam suatu sistem dengan menggunakan suatu protokol komunikasi sehingga dapat berbagi berbagai hal.


PeMBaGiaN JarKom

Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 4 bagian yaitu:

  1. Berdasarkan distribusi sumber informasi / data : terdiri atas jaringan terpusat & jaringan terdistribusi
  2. Berdasarkan jangkauan geografis : terdiri atas jaringan LAN, MAN & WAN
  3. Berdasakan peranan & hubungan tiap komputer dalam memproses data : terdiri atas jaringan client - server & jaringan peer to peer
  4. Berdasarkan media transmisi data : terdiri atas jaringan berkabel (wired network) & jaringan nirkabel (wireless network)

0 komentar: