CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

25.8.09

7 LaPiSaN OSI

  1. Lapisan Fisik (Physical Layer) : merupakan lapisan pertama atau terendah dari ke-7 lapisan OSI (Open System Interconnection). Lapisan ini berhubungan langsung dari fisik saluran yang digunakan untuk transmisi berupa peralatan mekanis & elektris beseta prosedur untuk memulai, memelihara & membubarkan hubungan fisik untuk penyaluran bit. Fungsi lain dari Physical Layer yaitu untuk pengiriman & penerimaan bit stream dalam medium fisik.
  2. Lapisan Data Link (Data Link Layer) : pada lapisan ini merupakan teknik khusus yang digunakan pada prosedur untuk memungkinkan pengiriman data melalui media yang relatif memiliki error data rate yang tinggi dengan cara memecah data yang dikirim menjadi blok-blok, dimana pada tiap blok ditambah infomasi untuk mengenal error, sehingga lapisan tersebut dapat mengenali blok yang diterima dengan baik atau meminta pengiriman kembali blok-blok yang mengalami error.
  3. Lapisan Network (Network Layer) : lapisan yang menjamin adanya connection web agar informasi yang dikirim dapat sampai pada alamat yang dituju. Pada lapisan ini juga terjadi proses pendefinisian alamat logis, mengkombinasikan multiple data link menjadi satu internetwork.
  4. Lapisan Transport (Transport Layer) : lapisan ini mengatur transport informasi secara keseluruhan melalui berbagai node sampai ke tujuan & mengatur agar blok-blok yang dikirim dapat diterima dengan urutan yang benar.
  5. Lapisan Session (Session Layer) : pada lapisan ini bertugas mengatur, mengorganisir & mengsinkronkan dialog dalam pertukaran data. Lapisan session juga bertugas membuka, merawat, mengendalikan & melakukan terminasi hubungan antar simpul.
  6. Lapisan Presentasi (Presentation Layer) : lapisan ini bertugas dalam presentasi & manipulasi data. Lapisan ini berhubungan dengan sintaks (syntax) & tidak bersangkut paut dengan semantic yang hanya dimengerti oleh layer berikutnya. Pada lapisan ini juga berfungsi untuk mentranslasikan data yang akan ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.
  7. Lapisan Aplikasi (Aplication Layer) : lapisan ini melakukan proses informasi agar dapat dimengerti oleh suatu proses aplikasi yang dapat berupa proses manual atau proses komputer. Lapisan ini berfungsi sebagai antar muka dengan aplikasi fungsionalitas jaringan bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan & membuat pesan-pesan kesalahan.

0 komentar: