CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

17.11.09

Peralatan TIK













Peralatan teknologi informasi antara lain sebagai berikut.

Komputer, yaitu alat untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan. Komputer yang dibuat pertama kali berukuran sangat besar dan mengonsumsi daya listrik yang sangat banyak. Saat ini, komputer dapat memiliki ukuran sebesar telapak tangan dan hanya membutuhkan baterai untuk menyalakannya. Komputer dapat digunakan sebagai pengirim, penerima, pengolah dan penyimpan informasi.

Faksimili (fax), yaitu alat untuk mengirim atau menerima informasi melalui telefoto dengan sistem reproduksi fotografi. Kita dapat mengirimkan salinan isi halaman, baik berupa tulisan maupun gambar ke mesin faksimili lain melalui saluran telepon.

Radio, yaitu alat penerima informasi berupa suara atau sinyal dengan mengggunakan media gelombang elektromagnetik. Saat ini, radio banyak yang dilengkapi dengan pemutar kaset/CD atau perekam suara.

Televisi, yaitu alat penerima informasi berupa gambar dan suara yang dapat menerima transmisi gambar dan suara secara langsung (real-time). Televisi mampu menerima sinyal dari pemancar gelombang/satelit maupun dari kabel. Alat ini dapat dipasangkan dengan peralatan lain, misalnya DVD player untuk menampilkan informasi yang tersimpan di dalam piringan DVD.

LCD (liquid Control Display) Proyektor, yaitu alat penyampai informasi yang berguna untuk menampilakn informasi berupa gambar atau suara. Biasanya, alat ini digunakan untuk menayangkan/mempresentasikan suatu informasi yang didapat dari CPU komputer.

Internet (Interconnected Network), yaitu jaringan komputer yang saling mentransfer data menggunakan Internet Protocol (IP). Dengan menggunakan internet, informasi dapat disampaikan ke seluruh dunia melalui jaringan komputer. Internet terdiri atas milyaran jaringan (network) milik akademis, perusahaan, pemerintah, ataupun pribadi. Informasi yang dapat disampaikan sangat beragam, misalnya gambar, suara, file dokumen dan tulisan.


Peralatan teknologi komunikasi antara lain sebagai berikut.

Satelit, misalnya satelit televisi. Satelit televisi menerima sinyal dari stasiun televisi kemudian sinyal dipancarkan kembali ke bumi dalam jangkauan yang luas. Sinyal ini diterima dan diubah oleh televisi menjadi gambar dan suara. Contoh lainnya ialah satelit telekomunikasi untuk menerima dan memancarkan sinyal telepon atau handphone.

Modem (Modulasi Demodulasi), yaitu peralatan hardware yang dipasangkan pada komputer berfungsi untuk mengubah sinyal digital komputer menjad sinyal analog atau sebaliknya sehingga informasi dapat dialirkan, biasanya melalui saluran telepon. Modem memungkinkan kita mengakses internet.

Telepon, yaitu alat telekomunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima secara langsung (real-time) dari jarak jauh menggunakan jaringan telepon. Saat ini, telepon dapat juga digunakan untuk mengirim SMS (Short Message Service).

Handphone (telepon genggam), alat telekomunikasi yang memiliki kemampuan mengirim dan menerima suara secara langsung. Perkembangan terbaru memungkinkan handphone mengirim pesan teks (SMS) dan gambara (EMS/MMS) serta mengakses saluran internet dan televisi. Handhone terhubung pada jaringan telepon melalui gelombang radio. Jaringan ini terhubung pada satelit telekomunikasi.

(Sumber bahan: “Mahir menggunakan TIK dan Microsoft Word 2003”)

0 komentar: