CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

8.9.09

OpErAsI DaSaR BaSiS dAtA

Apa itu Basis Data? Sebelum tau operasi-operasi dasar pada basis data, sebaiknya kita harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan basis data. Basis Data dapat didefinisikan dalam sejumlah sudut pandang seperti:

  • Himpunan kumpulan data/arsip yang saling berhubungan yang di organisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat & mudah.
  • Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa & tanpa pengulangan atau redudansi yang tidak perlu untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
  • Kumpulan file, tabel, arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis.
Nah, setelah tau pengertian dari basis data, operasi-operasi dasar yang dapat kita lakukan berkenan dengan basis data meliputi:
  1. Pembuatan Basis Data Baru (Create Data Base) yang identik dengan pembuatan lemari arsip yang baru.
  2. Penghapusan Basis Data (Drop Data Base) yang identik dengan pengrusakan lemari arsip sekaligus beserta isinya jika ada.
  3. Pembuatan File atau Tabel Baru sesuatu basis data (Create Table) yang identik dengan penambahan map arsip baru ke sebuah lemari arsip yang ada.
  4. Penghapusan File atau Tabel (Drop Table) yang identik dengan pengrusakan map arsip yang ada di sebuah lemari arsip.
  5. Penambahan atau Pengisian Data Baru ke sebuah file/tabel yang identik dengan penambahan lembaran arsip ke sebuah map arsip.
  6. Pengambilan Data pada sebuah file atau tabel yang identik dengan pencarian lembaran arsip dari sebuah map arsip.
  7. Pengubahan Data dari sebuah file atau tabel (of Date) yang identik dengan perbaikan isi lembaran arsip yang ada pada sebuah map arsip.
  8. Penghapusan data dari sebuah file atau tabel (Delete Table) yang identik dengan penghapusan sebuah lembaran arsip yang ada pada map arsip.

0 komentar: