CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

27.6.09

Komunikasi Data

Komunikasi Data adalah transmisi data elektronik melalui beberapa media. Media tersebut dapat berupa kabel koaksial, fiber optik, microwave dan sebagainya. Sistem yang memungkinkan tejadinya transmisi data seringkali disebut dengan jaingan komunikasi data. Jaringan ini merupakan komponen penting dari informasi yang dilakukan oleh masyarakat sekarang ini, yaitu masyarakat yang didominasi oleh komputer dan yang membutuhkan informasi.

Fungsi Sistem Komunikasi Data
Fungsi sistem komunikasi data dalam lingkungan bisnis dapat dikategorikan oleh hal yang berhubungan dengannya:
  1. sistem komunikasi data harus memberikan informasi kepada orang yang tepat dalam waktu yang tepat pula.
  2. sistem komunikasi data harus memperoleh data bisnis selagi data tersebut dibuat.
  3. sistem komunikasi data memungkinkan orang dan bisnis yang mempunyai lokasi geografi berlainan dapat saling berkomunikasi.

Komponen Dasar Sistem Komunikasi Data
Sistem komunikasi data dapat dibagi menjadi 3 komponen utama:
- sumber komunikasi
- media komunikasi
- penerima

Persyaratan Jaringan Komunikasi Data
Ada beberapa kriteria utama yang haus dipenuhi oleh jaringan komunikasi data agar ia berjalan dengan baik. Kriteria tesebut adalah:
  1. Penampilan : jaringan komunikasi data harus mengantarkan data dengan tepat waktu. Penampilan khususnya diukur dengan waktu respon jaringan. Waktu respon jaringan komputer haus sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh pemakai. Banyak faktor yang mempengaruhi waktu respon jaringan yaitu jumlah pemakai dalam sistem tersebut, kecepatan transmisi, jenis media transmisi, serta jenis hardware dan software yang digunakan.
  2. Konsistensi : ketidakkonsistenan waktu respon akan mengacaukan pemakai dan kadang-kadang hal ini akan berakibat lebih buruk daripada waktu espon yang lambat namun konsisten. Ketepatan data merupakan hal yang penting jika jaringan dapat diandalkan. Jika sistem kehilangan data maka pemakai tidak akan yakin dengan informasi yang dihasilkan oleh sistem.
  3. Reliabilitas : kegagalan jaringan merupakan hal yang dapat menghambat pemakai untuk memposes data. Kegagalan jaringan dapat meliputi rusaknya hardware, media pembawa data dan software pengendali jaringan (sistem pengoperasian jaringan).
  4. Recovery : setelah kegagalan jaringan harus dapat dipulihkan (recover) kembali ke tingkat operasi yang telah ditentukan. Tingkat yang ditentukan ini adalah hal utama dalam operasi jaringan dengan jumlah data yang hilang tidak ada atau minimum.
  5. Keamanan : keamanan jaringan merupakan komponen penting dalam jaringan komunikasi, khususnya ketika data komputer telibat didalamnya. Dalam bisnis harus dilindungi dari akses yang tidak diharapkan. Pada waktu jaringan komunikasi didesain, keamanan harus dipertimbangkan secara masak harus digabungkan dengan sistem pada desain jadi.

0 komentar: