CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

19.6.09

PeNGeRTiaN kOmpUtEr


Computer atau istilah komputer berasal dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung. Komputer mempunyai arti yang sangat luas & berbeda untuk orang yang berbeda. Berikut ini definisi komputer yang didapat dari beberapa buku komputer:
  • Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah & hasil dari pengolahan serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
  • Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic, S.G. Zacky), kumputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) & menghasilkan output informasi.
  • Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool of Business (William M. Fouri), komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
  • Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis), komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Dari beberapa definisi yang didapat dari berbagai buku, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima data, mengolah data, memberikan informasi & menyimpan program & hasil pengolahan serta menggunakan suatu program yang terimpan di memori komputer (stored program) juga bekerja secara otomatis.
Sedangkan yang dimaksud dengan program adalah kumpulan instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.
Akhirnya, menurut saya simple aja, komputer adalah suatu alat yang terdiri dari berbagai perangkat yang dapat digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kita. Semoga artikel ini bermanfaat... \(^-^)/ Cheers Up!!!

0 komentar: